Grafik
Oke saat kita membahas
sebuah grafik, sepertinya sudah umum kita mengetahuinya berupa gambar kotak –
kotak panjang ataupun garis-garis lurus yang panjang ataupun lingkaran yang
terbagi-bagi. Tapi, apa sih sebenarnya grafik itu? Nahh kita akan membahas pengertiannya
secara lebih spesifik. Penyajian data yang terdapat dalam table yang
ditampilkan ke dalam bentuk gambar merupakan pengertian umum dari grafik. Tetapi
secara luas grafik juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi data-data baik
berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang
disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu
data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses menyampaikan
informasi. Jadi itulah pengertian luasnya sebuah grafik, apapun bisa saja
dikatakan sebuah grafik, contoh sederhananya kalian yang sering main game; gambar,
latar, dan tokoh buatan di dalam game pun bisa dikatakan sebuah grafik.
Citra
Lalu bagaimana dengan
citra, kata citra yang kita ketahui pasti secara umum erat kaitannya dengan
kata pencitraan, yang umumnya berarti menunjukan perilaku “yang baik-baik”. Tetapi
ternyata kata citra memiliki arti yaitu rupa atau gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai pribadi,
perusahaan, organisasi, produk, dan lain-lain. Jadi citra
juga luas pengertiannya. Contoh sederhananya gambar yang diperoleh dengan alat
pengambilan gambar seperti kita sedang memfoto menggunakan kamera atau bahkan
saat kita melihat objek dengan mata kita itu bisa disebut sebuah citra.
Grafik
Komputer
Bagian dari ilmu komputer yang berkaitan
dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital merupakan
pengertian dari Grafik komputer (Computer graphics). Bentuk sederhana dari
grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi
grafika komputer 3D, lalu pemrosesan citra (image processing), dan
pengenalan pola (pattern recognition).
Pengolahan
Citra
Pengertian dari pengolahan
citra adalah proses dalam mengubah citra atau gambar yang sudah ada dengan
maksud agar memiliki kualitas yang lebih baik sehingga mudah diinterpretasikan
oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi atau perubahan suatu
citra menjadi citra baru.
Jadi
bisa kita ambil kesimpulan bahwa grafik komputer merupakan proses pembuatan
gambar dari awal sampai
akhir menggunakan komputer, sedangkan pengolahan citra mengolah gambar dari
sebuah gambar yang sudah ada yang tentunya gambar yang sudah ada tersebut
merupakan sebuah citra, lalu mengolahnya menjadi citra yang baru. Jadi
sebenarnya fungsi dan tugas keduanya saling melengkapi.
Dalam perkembangan zaman
yang makin cepat dan modern, penggunaan grafik komputer dan pengolahan citra
seperti sudah sangat umum dan wajib digunakan oleh siapapun penggunanya; bidang
apapun, dimanapun, dan kapanpun berada. Berikut ini beberapa hasil implementasi
dari grafik komputer dan pengolahan citra:
- Bidang Hiburan
Saat ini bisa dibilang sudah tidak ada lagi industri hiburan yang tidak
menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra. Yang sungguh sangat kentara
tentu pasti berbagai animasi yang lalu lalang hadir di televisi seperti film
kartun yang merupakan hasil grafik komputer. Pengolahan citra pun tak
kalah, baik itu reality show, sinetron, dan lain sebagainya. Banyak keperluan
lainnya yang menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra seperti iklan
yang terkadang menggabungkan grafik komputer dan pengolahan citra. Film box
office pun menggabungkan pengolahan citra dengan grafik komputer, baik itu
untuk efek, penambahan tokoh, dan lain sebagainya.
- Bidang Pendidikan
Pada bidang pendidikan, pengolahan citra dan grafik komputer digunakan
sebagai tambahan media ajar. Bentuknya seperti power point, animasi flash,
susunan tubuh manusia, dan lain sebagainya yang digunakan untuk menambah daya
tarik belajar bagi para pelajar.
- Bidang Perancangan
Industri manufakturlah yang erat kaitannya dengan pengolahan citra serta
grafik komputer pada bidang ini. Sebagai contoh kita menggunakan aplikasi untuk
mendesain sebuah produk, atau kita akan menggunakan sebuah citra sebagai
rujukan dalam pembuatan produk.
- Bidang Kedokteran
Pengolahan citra memiliki andil yang besar dalam bidang kedokteran.
Seperti CT Scan yang digunakan untuk mengecek tulang jika ada kerusakan atau
tidak, atau sinar-X yang digunakan untuk mendeteksi kanker. Contoh lainnya
seperti rekonstruksi foto janin atau USG, dan lain sebagainya.
- Bidang Penelitian
Pada bidang penelitian,
biasanya pengolahan citra hanya sebagai dokumentasi. Dalam hal ini grafik
komputer akan digunakan sebagai representasi sebuah objek. Misalkan ada
kelompok ilmuan yang menemukan sebuah fosil, dengan data yang diperoleh dari
fosil tersebut maka ilmuan tersebut akan berusaha mewujudkannya dalam sebuah
grafik agar orang lain dapat memahami penelitiannya. Hal ini seperti kita tahu
bentuk dinosaurus namun sebenarnya itu hanya representasi dari informasi yang
didapat dari sebuah penelitian.
Referensi :
No comments:
Post a Comment