Night Diamond Bloody Red

Thursday, July 20, 2017

Dampak Positif dan Negatif munculnya perusahaan E-Commerce dan Perkembangannya di Jaman Sekarang - MSI

                               Hasil gambar untuk ecommerce

Menurut saya, e-commerce akan terus berkembang secara pesat kedepannya, baik itu dari segi cara berbelanja, cara melakukan transaksi pembayaran, aplikasi; situs/website, dan lain-lain.  Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi yang terus berkembang yang membuat segalanya menjadi lebih praktis, yang turut membuat pola hidup masyarakat menjadi tidak mau repot dan membuang-buang waktu untuk berbelanja. Selain itu, e-commerce juga membuka peluang berbisnis yang cukup menjanjikan, karena seperti hal yang sudah saya sebutkan di atas, berbelanja online sudah sangat digemari masyarakat jaman sekarang dan juga cara pengelolaan e-commerce yang cukup mudah karena toko online yang dibuat dengan platform website ini mudah dikelola bahkan untuk pemula sekalipun (tergantung GUI yang dimiliki websitenya) dan e-commerce tidak mengharuskan untuk mempunyai sebuah kantor ataupun toko. Memungkinkan kita untuk melakukan transaksi setiap saat dimana saja dan bisa berbelanja disemua lokasi di dunia, Memungkinkan kita memiliki banyak pilihan produk yang kita inginkan dengan produsen yang berbeda-beda juga.memungkinkan proses jual beli dilakukan antar negara dll. Mungkin karena itulah yang menyebabkan e-commerce akan berkembang kedepannya.

Jadi dalam bisnis e-commerce, menurut saya ada dampak positif dan dampak negatifnya.

Dampak positifnya, yaitu :
1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Dampak negatifnya, yaitu :
1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

No comments:

Post a Comment