Night Diamond Bloody Red

Sunday, September 24, 2017

Pengertian Grafik Komputer dan Pengolahan Citra beserta Perbedaan dan Implementasinya


Grafik

Oke saat kita membahas sebuah grafik, sepertinya sudah umum kita mengetahuinya berupa gambar kotak – kotak panjang ataupun garis-garis lurus yang panjang ataupun lingkaran yang terbagi-bagi. Tapi, apa sih sebenarnya grafik itu? Nahh kita akan membahas pengertiannya secara lebih spesifik. Penyajian data yang terdapat dalam table yang ditampilkan ke dalam bentuk gambar merupakan pengertian umum dari grafik. Tetapi secara luas grafik juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses menyampaikan informasi. Jadi itulah pengertian luasnya sebuah grafik, apapun bisa saja dikatakan sebuah grafik, contoh sederhananya kalian yang sering main game; gambar, latar, dan tokoh buatan di dalam game pun bisa dikatakan sebuah grafik.

Citra

Lalu bagaimana dengan citra, kata citra yang kita ketahui pasti secara umum erat kaitannya dengan kata pencitraan, yang umumnya berarti menunjukan perilaku “yang baik-baik”. Tetapi ternyata kata citra memiliki arti yaitu rupa atau gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, produk, dan lain-lain. Jadi citra juga luas pengertiannya. Contoh sederhananya gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar seperti kita sedang memfoto menggunakan kamera atau bahkan saat kita melihat objek dengan mata kita itu bisa disebut sebuah citra.

Grafik Komputer     

 Bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital merupakan pengertian dari Grafik komputer (Computer graphics). Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, lalu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).

Pengolahan Citra

Pengertian dari pengolahan citra adalah proses dalam mengubah citra atau gambar yang sudah ada dengan maksud agar memiliki kualitas yang lebih baik sehingga mudah diinterpretasikan oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi atau perubahan suatu citra menjadi citra baru.

Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa grafik komputer merupakan proses pembuatan gambar dari awal sampai akhir menggunakan komputer, sedangkan pengolahan citra mengolah gambar dari sebuah gambar yang sudah ada yang tentunya gambar yang sudah ada tersebut merupakan sebuah citra, lalu mengolahnya menjadi citra yang baru. Jadi sebenarnya fungsi dan tugas keduanya saling melengkapi.

Dalam perkembangan zaman yang makin cepat dan modern, penggunaan grafik komputer dan pengolahan citra seperti sudah sangat umum dan wajib digunakan oleh siapapun penggunanya; bidang apapun, dimanapun, dan kapanpun berada. Berikut ini beberapa hasil implementasi dari grafik komputer dan pengolahan citra:

  • Bidang Hiburan
       Saat ini bisa dibilang sudah tidak ada lagi industri hiburan yang tidak menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra. Yang sungguh sangat kentara tentu pasti berbagai animasi yang lalu lalang hadir di televisi seperti film kartun yang merupakan hasil grafik komputer.  Pengolahan citra pun tak kalah, baik itu reality show, sinetron, dan lain sebagainya. Banyak keperluan lainnya yang menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra seperti iklan yang terkadang menggabungkan grafik komputer dan pengolahan citra. Film box office pun menggabungkan pengolahan citra dengan grafik komputer, baik itu untuk efek, penambahan tokoh, dan lain sebagainya.

  • Bidang Pendidikan
       Pada bidang pendidikan, pengolahan citra dan grafik komputer digunakan sebagai tambahan media ajar. Bentuknya seperti power point, animasi flash, susunan tubuh manusia, dan lain sebagainya yang digunakan untuk menambah daya tarik belajar bagi para pelajar.

  • Bidang Perancangan
       Industri manufakturlah yang erat kaitannya dengan pengolahan citra serta grafik komputer pada bidang ini. Sebagai contoh kita menggunakan aplikasi untuk mendesain sebuah produk, atau kita akan menggunakan sebuah citra sebagai rujukan dalam pembuatan produk.

  • Bidang Kedokteran
        Pengolahan citra memiliki andil yang besar dalam bidang kedokteran. Seperti CT Scan yang digunakan untuk mengecek tulang jika ada kerusakan atau tidak, atau sinar-X yang digunakan untuk mendeteksi kanker. Contoh lainnya seperti rekonstruksi foto janin atau USG, dan lain sebagainya.

  • Bidang Penelitian
Pada bidang penelitian, biasanya pengolahan citra hanya sebagai dokumentasi. Dalam hal ini grafik komputer akan digunakan sebagai representasi sebuah objek. Misalkan ada kelompok ilmuan yang menemukan sebuah fosil, dengan data yang diperoleh dari fosil tersebut maka ilmuan tersebut akan berusaha mewujudkannya dalam sebuah grafik agar orang lain dapat memahami penelitiannya. Hal ini seperti kita tahu bentuk dinosaurus namun sebenarnya itu hanya representasi dari informasi yang didapat dari sebuah penelitian.

Referensi :

No comments:

Post a Comment