Night Diamond Bloody Red

Sunday, April 17, 2016

Cara Memberantas Terorisme


Sekilas tentang Terorisme


Terorisme adalah serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat. Berbeda dengan perang, aksi terorisme tidak tunduk pada tatacara peperangan seperti waktu pelaksanaan yang selalu tiba-tiba dan target korban jiwa yang acak serta seringkali merupakan warga sipil. Aksi terorisme identik dengan kekerasan. Contohnya seperti pembajakan, peledakan bom, teror, bom bunuh diri, dan lain sebagainya. Yang mana semua aksi tersebut kebanyakan terjadi tanpa terduga dan bisa menimpa siapa saja tanpa memilih, baik itu anak-anak, anak muda, orang dewasa, maupun orang tua.

Namun demikian, perlu untuk di ingat bahwa aksi terorisme juga mengikuti perkembangan zaman. Artinya, bentuk dan pola aksi yang dilakukan dari tahun ke tahun mengalami perkembangan dan pergeseran. Sehingga mau tidak mau kita harus selalu mengupdate informasi dan meningkatkan kewaspadaan agar nantinya tidak menjadi target serta sasaran jaringan teroris, khususnya bagi yang merasa sebagai generasi muda.

Karena bagi mereka generasi muda merupakan sasaran empuk untuk direkrut menjadi anggota jaringan teroris. Selain itu, karena memang terorisme sangat dekat sekali dengan generasi muda. Sehingga tak heran jika mereka dengan mudah meracuni pikiran generasi muda dengan paham radikal. Apalagi generasi muda tersebut adalah mereka yang putus sekolah, buta huruf, miskin, dan juga penganguran. Dimana mereka semua langsung terbuai ketika di iming-imingi sejumlah uang dan kegagahan memegang senjata.

Akan tetapi, patut untuk di perhatikan juga karena tidak semua yang jatuh ke dalam buaian jaringan terorisme adalah mereka yang tidak berpendidikan dan tidak mampu. Banyak juga generasi muda yang berpendidikan dan dari kalangan berada yang terbuai dan terlibat aksi terorisme. Biasanya mereka adalah orang yang tergolong idealis, emosional, dan mudah tertipu.

Selain itu, terdapat juga alasan mengapa seseorang rentang untuk disusupi paham kekerasan atau terorisme. Beberapa di antaranya seperti :

1.    Mereka yang membutuhkan perasaan kebersamaan.

2.    Mereka yang sedang mencari identitas atau jati diri.

3.    Mereka yang sedang mencari sensasi dan ingin di anggap gagah.

4.    Mereka yang ingin memperbaiki apa yang mereka anggap sebagai ketidakadilan.

5.  Mereka yang menaruh simpati pada kelompok radikal atau teroris tertentu, yang mana mereka temukan lewat internet.

Cara Memberantas Aksi Terorisme

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberantas terorisme, baik itu secara individu maupun kelompok. Semua tergantung dari masing-masing pribadi, Misalnya, melakukan kegiatan yang positif dalam aktivitas sehari-hari. Atau belajar bersikap damai dan mendamaikan suatu hal atau kejadian.

Selain kedua contoh di atas, sebagai warga negara yang baik dan paham aturan kita juga dapat berpartisipasi dengan cara lain dalam melakukan pencegahan terhadap terorisme, misalnya :

  1. Mendukung segala upaya perdamaian, baik yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi, maupun perseorangan. 
  2. Membuat atau membangun komunitas-komunitas kecil yang bertujuan untuk mengkampanyekan perdamaian dan indahnya keberagaman, minimal dimulai dengan orang-orang di lingkungan sekitar. 
  3. Memperdalam pengetahuan mengenai keberagaman dan perdamaian.
  4. Cobalah untuk mengikuti kegiatan dan acara dialog publik serta kegiatan yang mempromosikan keberagaman.
  5. Berperan aktif dalam melaporkan gejala-gejala sekecil apapun yang mengarah pada radikalisme atau terorisme. 
  6. Meningkatkan pemahaman keagamaan. 
  7. Sebagai warga negara, perlu juga untuk meningkatkan pemahaman mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan format NKRI. 
  8. Meningkatkan kewaspadaan dalam pergaulan sehari-hari agar tidak mudah terpengaruh dengan paham atau ajakan yang mengarah pada radikalisme terorisme.
  9. Sebagai generasi muda yang melek teknologi, wajib untuk menyaring segala informasi yang kita dapatkan
  10. Tidak lupa juga untuk aktif mensosialisasikan kepada masyarakat apa itu terorisme, bahaya dan dampaknya, pola mereka merekrut anggota, bentuk dan pola aksi mereka, dan masih banyak lagi.



No comments:

Post a Comment